Just another WordPress.com site

Kembar mayang Yang Sakral

KEPYOK KEMBAR MAYANG

NGANGGO SEKAR MANCA WARNA

PANGAJABING SEDYO MURIH

ANGENIPUN BEBRAYAN TANSAH HANG RUMBOKO

MANGGIH SUKO BASUKI

Dua buah pasang Bunga Kembar Mayang menjadi sebuah perangkat penting dalam upacara pengantin tradisional. Kembanr Mayang dipercaya sebagai bagian dari sebuah ritual, sebuah sarana pada temu pengantin Jawa. Maknanya sebagai perlambang terbentuknya keluarga baru. Bunga mayangnya merupakan bunga pinang yang sedang mekar, berurai indah dan berbau wangi. Sebenarnya kembang ini meniru penyelenggaraan kemeriahan, kesakralan, keagungan dan keindahan acara perkawinan para bangsawan atau penobatan raja. Karena dianggap baik dan penh makna, maka budaya ini kemudian menjadi keharusan yang bersifat sakral.

Mengapa menjadi keharusan? Ini bermula dari legenda lakon Partakrama. Dewi Supraba bersedia dipersunting Dananjaya dengan syarat lengkap sebagai ‘bebana’. Sang Dewi minta ‘kembarmayang khayangan’ berupa ‘Klepu Jayadaru Dewadaru’. Klepu adalah kayu kalpataru. Pohon kalpataru dianggap sebagai pohon kehidupan yang berpengaruh baik terhadap lingkungan. Maka pohon ini sangat didambakan oleh Dewi Supraba. Untungnya ada para Pandawa yang sanggup meminjam kembarmayang ini dari khayangan.

Menurut Mistaram : penghargaan Kembar Mayang sebagai benda sakral, dan berdo’a untuk para leluhurnya, dan berserah diri, memiliki makna simbolik yang sakral pada saat penggunaannya, mempunyai makna simbolik sebagai tanda berterima kasih dan penghargaan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, dan merupakan penanda syahnya perkawinan adat.

Hidup yang selalu berhati-hati, dan berserah diri kepada Tuhan Yang Maha Kuasa. Perkawinan adalah mempersatukan kedua mempelai dan keluarganya, yang berarti mengembangkan silaturahmi manusia dalam sistem kekerabatan (Mistaram, Dosen Jurusan Seni dan Desain, FS UM, disajikan pada Seminar Internasional Khasanah Senirupa Nusantara tgl.2-3 Okt.2009 di UNDIKSA Singaraja-Bali)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s